Berita Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Subscribe to Berita Provinsi Kepulauan Bangka Belitung feed
Updated: 2 hours 41 min ago

Gubernur Launching Buku Kisah H.A.S Hanandjoeddin, "Memenuhi Panggilan Rakyat"

5 hours 29 min ago

TANJUNGPANDAN - Haji Ahmad Sanusi Hanandjoeddin. Mendengar nama tersebut telah melekat sebagai sosok tokoh pahlawan asal Pulau Belitung. Ketokohan H.A.S Hanandjoeddin di Bumi Laskar Pelangi telah terlahir sejak masa perjuangan kemerdekaan.

Jalan hidup dan butir perjuangan Hanandjoeddin untuk tanah kelahirannya hingga menempatkan dirinya sebagai seorang pahlawan yang dicintai di Belitung pun, dituangkan dalam sebuah buku berjudul "Memenuhi Panggilan Rakyat" Kiprah dan Kenangan Sosok Bupati H.A.S Hanandjoeddin.

Resmikan Kampung Lebah Madu Teran, Gubernur Erzaldi Juga Sampaikan Bantuan

7 hours 27 min ago

KELUBI - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman berkunjung ke Kawasan Hutan Lindung Dusun Bira Desa Kelubi, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Rabu (20/10/2021) untuk meresmikan Kampung Lebah Madu Teran sebagai kawasan produksi Madu Trigona yang dikenal dengan sebutan madu kelulut.

Kampung Lebah Madu Teran pun resmi menjadi kampung pengelola Madu Trigona,  setelah Gubernur Erzaldi memukul genderang berulang kali. 

Melati Erzaldi Berbagi Inspirasi Melalui Womenpreneurs Talk

Wed, 10/20/2021 - 17:45

PANGKALPINANG- Sukses dengan Sekolah untuk Perempuan Jadi Mandiri Terlatih (Sekuntum Melati) di Bangka Belitung, Istri Gubernur Bangka Belitung (Babel) sekaligus Direktur Regional Indonesia Council for Small Business (ICSB) hadir menginspirasi para perempuan melalui Womenpreneurs TalkEpisode 2, Selasa (19/10/2021).

ICSB adalah suatu platform kewirausahaan wanita, yang bertujuan untuk mengedukasi, mengembangkan, dan menginspirasi wirausaha wanita khususnya di Indonesia untuk lebih berdaya memberdayakan secara profesional, sehingga akan berdampak pada perekonomian.

Gubernur Perlonggar Aturan Penerbangan dari dan ke Babel, Ini Ketentuannya!

Wed, 10/20/2021 - 17:42

PANGKALPINANG - Merespon terbitnya Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 54 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3, level 2 dan level 1 Covid-19 di luar Jawa-Bali, disikapi dengan cepat oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman.

Babel Laksanakan Vaksinasi Massal Pelajar Bersama Presiden Jokowi

Wed, 10/20/2021 - 09:01

"Anak-anakku, setelah semuanya telah divaksinasi tahap 1, silahkan dimulai pembelajaran tatap muka, asalkan kota atau kabupatennya sudah berada pada PPKM Level 1, Level 2 atau Level 3," ungkap Presiden Republik Indonesia, Joko widodo dalam pelaksanaan Vaksinasi Massal Untuk Pelajar dan Santri bersama Presiden Republik Indonesia secara virtual, Selasa (19/10/2021).

Maulid Nabi Muhammad Jadi Momentum Pembentukan Karakter Anak Islami

Wed, 10/20/2021 - 08:58

KEMUJA - Desa Kemuja, Kabupaten Bangka merayakan Maulid Nabi Muhammad Saw, 12 Rabiul Awal 1443 Hijriah atau Selasa (19/10/21). Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman, turut menghadiri perayaan hari lahir Rasulullah tersebut.

Gubernur Erzaldi tiba di Desa Santri sekitar pukul 07.45 WIB, dan disambut pengurus serta jemaah Masjid Rahmatuddin, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan warga Desa Kemuja.

Maksimalkan Pelayanan Publik, Pemprov Babel Lakukan Studi Referensi

Wed, 10/20/2021 - 08:51

PANGKALPINANG - Demi memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov. Babel) melalui Biro Organisasi Sekretariat Daerah (Setda) Pemrov. Babel menginisiasi Kegiatan Pelayanan Publik Tingkat Provinsi dengan melakukan kunjungan sekaligus studi referensi ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pangkalpinang, Selasa (19/10/21).

Gubernur Berikan Solusi Atasi Pendangkalan Muara Air Kantung, Nelayan Sungailiat Tenang

Wed, 10/20/2021 - 08:46

PANGKALPINANG - Para nelayan Sungailiat dari Kelompok Nelayan dan Pengusaha Ikan Sungailiat (KNPIS) Bangka akhirnya merasa tenang usai mendapatkan kepastian dukungan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman, berkenaan dengan permasalahan pendangkalan alur muara Air Kantung Sungailiat, Kabupaten Bangka.

Gubernur Jadikan SMKN 4 Pangkalpinang Sebagai Pusdiklatsus Pelaut di Wilayah Sumatera

Tue, 10/19/2021 - 19:21

PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman, berharap Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Pangkalpinang menjadi sekolah unggulan kemaritiman dan menjadi pusat pendidikan dan pelatihan khusus (Pusdiklatsus) pelaut di wilayah Sumatera. 

Jika Berhasil, 6 Mahasiswa IAIN SAS Babel Akan Dapat Laptop dan Imbalan

Tue, 10/19/2021 - 19:00

MENDO BARAT - Perguruan tinggi sebagai tempat yang melahirkan dan menciptakan lulusan sumber daya insani perbankan syariah, perlu membekali para lulusan dengan berbagai macam keilmuan terkait dengan perbankan syariah, baik secara teoritis maupun secara praktis. 

Hadapi Pinjaman Online, Lembaga Keuangan Syariah Butuh SDM Berkualitas

Tue, 10/19/2021 - 18:06

MENDO BARAT - Seiring kecenderungan positifnya pertumbuhan sektor lembaga keuangan syariah. kebutuhan sumber daya manusia (SDM) pada sektor ini juga akan semakin meningkat.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman mengatakan, guna memenuhi kebutuhan SDM syariah yang berkualitas, profesional, dan sesuai dengan kebutuhan serta harapan industri keuangan syariah, diperlukan peran serta dari berbagai pihak. Dengan berperan aktif dalam mempersiapkan SDM syariah yang berkualitas dan professional, sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan harapan industri keuangan syariah.

Pemprov Babel dan Seluruh Kabupaten/Kota Terima Predikat WTP LKPD 2020

Tue, 10/19/2021 - 18:00

PANGKALPINANG - Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menorehkan prestasi membanggakan. Semua tingkat pemerintahan, baik tingkat Pemerintah Provinsi (Pemprov) maupun Pemerintah Kabupaten/Kota (Pemkab/Pemkot) meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Hal itu diketahui setelah digelarnya penyerahan Penghargaan Pemerintah RI Atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2020 dengan Capaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang digelar di Ruang Pasir Padi, Kantor Gubernur, Selasa (19/10/21).

Pesan Gubernur Erzaldi: Lestarikan Tradisi Pembacaan Barzanji

Tue, 10/19/2021 - 17:54

KEMUJA - Perayaan Maulid Nabi Muhammad Saw tahun ini meninggalkan kesan bagi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman, saat dirinya hadir di tengah-tengah masyarakat Desa Kemuja, Kabupaten Bangka, Selasa (19/10/21).

Dalam perayaan hari kelahiran Rasulullah di Desa Santri tersebut, Gubernur Erzaldi merasakan kebahagiaan dapat menjalin silaturahmi dengan masyarakat desa. Ia juga terkesima dengan tradisi pembacaan Kitab Barzanji oleh beberapa jemaah Masjid Ramhatuddin.

Kepala Perangkat Daerah Laporkan Serapan Dana Dekonsentrasi TA 2021

Tue, 10/19/2021 - 15:31

PANGKALPINANG- Dalam rangka mendorong percepatan penyerapan penggunaan dana Dekonsentrasi Tahun Anggaran 2021, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) meminta setiap Perangkat Daerah (PD) yang melaksanakan kegiatan yang bersumber dari dana dekonsentrasi memberikan laporan mengenai pelaksanaan kegiatan yang sudah atau pun yang masih berjalan untuk kemudian dilaporkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.  Adapun PD yang melaksanakan yakni Bappeda Babel, Setda Babel (Biro Pemerintahan dan Biro Hukum), DPMPTSP Babel, dan Inspektorat Babel. 

Wagub Abdul Fatah: Kader Pengawas Menjadi Penentu Kualitas Demokrasi

Tue, 10/19/2021 - 11:51

PANGKALPINANG - Peran kader pengawas sangat dibutuhkan dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) maupun Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Di tangan para kader pengawas inilah, besar harapan rakyat Indonesia atas penyelenggaraan Pemilu maupun Pilkada yang berkualitas dan demokratis.

Melati Erzadi: Keikhlasan Menjadi Kunci Penting dalam Bekerja

Tue, 10/19/2021 - 05:22

PANGKALPINANG- Keikhlasan adalah kunci penting dalam bekerja. Tanpa ikhlas, pekerjaan hanya akan menjadi beban, namun jika ikhlas maka akan menjadi jalan ibadah dan pembuka pintu rejeki setiap insan.

Pesan inspiratif ini disampaikan oleh Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bangka Tengah Periode 2016-2021, Melati Erzaldi pada saat membuka secara resmi acara Musyawarah Kabupaten (Muskab) PMI Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2021, di Ruang Rapat Batu Rakit Rumah Dinas Gubernur Babel, Senin (18/10/2021). 

Gubernur Erzaldi Bangga Atas Produksi Kapal PT. Pahala Harapan Lestari

Tue, 10/19/2021 - 05:20

PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, bangga dan mengapresiasi PT Pahala Harapan Lestari (PHL) yang terbukti mampu bertahan meskipun di masa pandemi Covid-19, dan mendapat kepercayaan pemerintah pusat maupun pihak swasta terkait produksi kapal. 

Rasa Bangga itu disampaikan Gubernur Erzaldi dalam kegiatan Peletakan Lunas (Keel Laying) Pembangunan Kapal bertempat di Galangan Kapal PT PHL Jl. Pasir Ketapang, Pangkalpinang, Senin (18/10/21). 

Lantunan Selawat Para Santri Iringi Gubernur Tandatangani Prasasti Ponpes Tahfidz Guntur

Tue, 10/19/2021 - 05:18

PANGKALPINANG - Raut bahagia terpancar dari wajah Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman saat berhadapan langsung dengan puluhan santriwan dan santriwati Pondok Pesantren (Ponpes) Tahfidz Guntur, Pakalen Batu, Bangka Tengah (Bateng), Senin (18/10/21). 

Dari langkah pertama memasuki Gedung Mahligai, orang nomor satu di Bumi Serumpun Sebalai itu langsung menyapa puluhan anak-anak dengan ramah.

"Assalamualaikum, apa kabar?" sapa Gubernur dan dibalas salam yang merupakan lafal sapaan mengandung makna doa keselamatan itu.

Melati Erzaldi Dorong Peran Aktif Kelompok Dasawisma Perangi Stunting di Bangka Belitung

Tue, 10/19/2021 - 05:16

PANGKALPINANG - Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi tekankan pentingnya peran Kelompok Dasawisma perangi stunting di Kepulauan Bangka Belitung.

Gubernur Erzaldi : Budaya Melayu Menambah Nilai Kedaerahan Bangka Belitung

Mon, 10/18/2021 - 18:44

BANGKA - Sebagai daerah kepulauan, Bangka Belitung (Babel) kaya dengan keragaman penduduk, etnis, dan budaya. Termasuk budaya melayu yang sangat melekat pada daerah yang dikenal dengan nama Bumi Serumpun Sebalai ini. 

Menurut Gubernur Erzaldi, budaya melayu menambah nilai kedaerahan Babel itu sendiri, oleh karena itu sangat penting bagi Babel untuk terus melestarikan budaya Melayu. 

Selain itu, budaya merupakan suatu peradaban dan sesuatu yang harus terus didorong agar modernisasi yang saat ini terjadi tidak kebabalasan. 

Pages