6 Pohon untuk penghijauan disekitar kita

 

Akhir –akhir ini sudah banyak gerakan perubahan untuk peduli pada lingkungan dari mulai instansi ,non instansi  sampai dibentuk komunitas  yang mengajak kita untuk  hidup mencintai lingkungan dan menanamkan rasa memiliki terhadap penghijauan  pohon disekitar kita.maka salah satu caranya adalah menanam pohon untuk penghijuan ,dimana pohon yang akan kita lakukan sebagai penghijauan tetapi juga dapat sebagai pohon yang bisa menyerap polusi.

Pada daerah perkotaan amatlah banyak menghasilkan polusi  terutama ari polusi kendaraan dan pabrik disekitar masyarakat.jika tidak ada pohon yang bisa menyerap polusi udara ,maka akan berdampak buruk bagi kesehatan manusia itu sendiri.

Untuk itu marilah bersama  kita tanamkan rasa peduli dengan melakukan kegiatan penghijaun sehingga dapat mengurangi polusi udara yang ada disekitar kita.hal ini kami dari pihak yang peduli  terhadap lingkungan memberikan sedikit gambaran dan penjelasan tentang apa saja pohon yang di jadikan penyerap polusi diantaranya adalah :

1. Pohon Akasia (Acacia Auriculiformis)

 

Sumber :kebunpedia.com

Akasia berasal dari bahasa Yunani, "akis" yang berarti duri. Tanaman ini memiliki poling yang berbentuk seperti bantalan duri, Sama seperti pohon penghijauan yang lain, akasia ramah lingkungan dan mampu menahan air dengan baik . Akasia memiliki beberapa manfaat bagi manusia. Akasia banyak digunakan sebagai pohon ornamen dan dalam industri parfum. Beberapa spesies akasia yang digunakan sebagai pohon hias diantaranya adalah Acacia dealbata, Acacia retinodes, Acacia xanthophloea, dan Acacia baileyana. Akasia juga banyak digunakan di bidang kedokteran. Acacia nilotica digunakan untuk mengobati masalah yang terkait dengan ejakulasi dini. Dalam metode pengobatan kuno, akar akasia yang direbus bisa digunakan sebagai pengobatan untuk rabies. Tanin yang diekstraksi dengan cara menguapkan kayu akasia umum digunakan sebagai astringent. ( /sumber http://ariefawik.blogspot.co.id)

2. Pohon Bambu

Tanaman bambu merupakan tanaman yang sangat baik bagi lingkungan karena tanaman ini mampu menyerap empat kali lipat lebih banyak karbondioksida daripada tanaman biasa lain.Tanaman bambu menghasilkan 35 persen lebih banyak oksigen daripada tanaman lain pada umumnya.

3. Bungur (Lagerstroemia Speciosa)

 

Tanaman Bungur (Lagerstroemia) merupakan tumbuhan berwujud pohon atau perdu yang dikenal sebagai pohon peneduh jalan atau pekarangan. Bunganya berwarna merah jambu, bila mekar bersama-sama akan tampak indah.Perbanyakan anakannya dari biji yang keluar setelah proses pembungaan selesai. Bijinya berbentuk bulat berwarna coklat sebesar kelereng. Selain itu bisa juga diperbanyak dengan pencangkokan.mampu hidup ditanah gersang atau subur , bungur menjadi pilihan yang tepat untuk menggabungkan konsep tanaman hias. Bungur mampu hidup diketinggian 800 mdpl.  selain sebagai pohon penghijauan, Biji bungur digunakan untuk pengobatan tekanan darah tinggi.Sementara Kulit kayu digunakan untuk pengobatan :diare, disentri, dan kencing darah. Daun digunakan untuk pengobatan : kencing batu, kencing manis, dan  tekanan darah tinggi.

4. Cemara Bundel (Cupressus Retusa)

Pohon cemara biasanya sering di tanam di pinggir jalan,selain cocok untuk penghijauan juga indah loh di lihatnya.Selain tumbuh di hutan, cemara kini menjadi tanaman hias.

Tapi tidak semua cemara memenuhi kriteria untuk penghijauan, namun cemara bundel layak kita pertimbangkan. Tingginya mencapai 20 m, penghisap polutan juga rindang sebagai tempat berteduh maupun hiasan didaerah perkarangan atau lapangan.

5. Pohon Mahoni

Pohon mahoni  (Swietenia sp)sangat cocok untuk penghijauan di sekolah , jalan raya atau lingkungan . Selain pertumbuhannya yang cepat, perawatan yang mudah . Pohon mahoni juga dikenal rakus menyerap air. pertumbuhan pohon mahoni bisa mencapai 50 Meter. Kemampuan filterisasi udara mahoni juga cukup diacungi jempol, pohon mahoni bisa menyerap 47 - 69 % Polusi udara disekitarnya.  Kayunya kuat dan sering dijadikan perabot rumah tangga.  Selain itu , buah mahoni juga dapat dijadikan banyak obat  juga penangkal radikal bebas. Getahnya sering dijadikan bahan baku lem. Dan daunnya bisa digunakan sebagai pakan ternak. Hanya saja kita perlu sedikit rajin membersihkan sampah dari biji dan daunnya yang harus kita kerjakan lebih sering dari pohon yang lain.

6. Pohon Tanjung

Pohon tanjung sudah ditanam dari jaman dulu oleh pemerintah dari jaman dulu.karena daunya rimbun sangat cocok untuk orang berteduh.Tanjung tergolong tanaman yang dapat bertahan hingga usia tua. Konon pohon tanjung tercatat dapat hidup hingga usia ratusan tahun.Itulah beberapa jenis pohon yang biasa untuk penghijauan dan untuk taman kota. Dengan adanya penghijauan polusi akan diserap dan akan menghasilkan oksigen serta lingkungan kita menjadi bebas dari polusi.

Itulah beberapa jenis pohon yang biasa untuk penghijauan dan untuk taman kota. Dengan adanya penghijauan polusi akan diserap dan akan menghasilkan oksigen serta lingkungan kita menjadi bebas dari polusi.

Mungkin ada yang pernah liat pohoPohon tanjung sudah ditanam dari jaman dulu oleh pemerintah dari jaman dulu.karena daunya rimbun sangat cocok untuk orang berteduh.Tanjung tergolong tanaman yang dapat bertahan hingga usia tua. Konon pohon tanjung tercatat dapat hidup hingga usia ratusan tahun.Itulah beberapa jenis pohon yang biasa untuk penghijauan dan untuk taman kota. Dengan adanya penghijauan polusi akan diserap dan akan menghasilkan oksigen serta lingkungan kita menjadi bebas dari polusi.

Itulah beberapa jenis pohon yang biasa untuk penghijauan dan untuk taman kota. Dengan adanya penghijauan polusi akan diserap dan akan menghasilkan oksigen serta lingkungan kita menjadi bebas dari polusi.

Mungkin ada yang pernah liat pohon pohon di atas tapi ada juga yang tahu namanya,tanaman yg sangat cocok untuk penghijauan juga.Mungkin ini dulu .Jika ada kekurangan silakan pembaca tambahkan.terima kasih

 

 

 

Penulis: 
Alamsyah
Sumber: 
Dishut Babelprov
Tags: 
penghijauan

Artikel

30/06/2015 | Alamsyah
911 kali dilihat
10/06/2015 | Muhammad Gani ,S.Hut
715 kali dilihat
04/04/2017 | Alamsyah
363 kali dilihat
24/04/2015 | Rumiyanto, SH, Analis Peraturan Perundang-Undangan Sekretariat DPP KORPRI P
312 kali dilihat
01/07/2015 | Muhammad Gani ,S.Hut
208 kali dilihat

ArtikelPer Kategori