AUDIENSI FORUM DAS PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG

Pangkalpinang, Maret 2017

Forum DAS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Periode 2016 – 2021 ditetapkan melalui keputusan Gubernur Nomor : 188.44/898/Dishut/2016 tanggal 7 Oktober 2016 dan telah dilantik oleh Gubenur pada tanggal 11 Oktober 2016. Forum DAS merupakan forum koordinasi multipihak berbasis komitmen bersama untuk mengelola ekosistem DAS secara profesional, transparan, partisipatif, akuntabel dan berkelanjutan. Maksud dibentuknya forum untuk menjembatani dan mengoptimalkan keterlibatan para pihak dalam pengelolaan DAS secara terpadu.

Forum DAS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tanggal 20 s/d 21 Maret 2017 melaksanakan audiensi ke Kabupaten Bangka Barat, mengunjungi Bupati Bangka Barat, Sekkda Kabupaten Bangka Barat dan Kelompok Masyarakat Dusun Pal 3 Desa Air Belo. Dari Forum DAS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Fadillah Sabri, S.T., M.Eng (Universitas Bangka Belitung), Idi Bantara, S.Hut.T., M.Sc (BPDASHL Baturusa Cerucuk), Agus Setiorini, S.T., M.T (Dinas Pertambangan dan Energi Prov. Kepulauan Bangka Belitung), Suzanna Kartikasari, S.P (Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung), Rusdi, S.T., M.T (BAPPEDA Provinsi Kepulauan Bangka Belitung), Jauhari (LSM/ Ketua Forum DAS Kabupaten Bangka), Taufik Aulia, S.Hut, M.Sc (BPDASHL Baturusa Cerucuk), Dora Wardani, ST (Dinas LH Prov. Kep. Bangka Belitung), Yayan Sofyan (BPDASHL Baturusa Cerucuk), Zarkasih (BPDASHL Baturusa Cerucuk), Survin (Universitas Bangka Belitung).

Tujuan dilaksanakan audiensi sosialisasi tentang keberadaan forum DAS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan tujuan agar terjalin komunikasi antar stakeholders dalam pengelolaan DAS dan kunjungan ini bertujuan untuk mendorong terbentuknya forum DAS Kabupaten Bangka Barat agar dapat memberikan masukan/pertimbangan pada kesempatan pertama terkait isu-isu lingkungan dan pengelolaan DAS di Kabupaten Bangka Barat.

Hal-hal yang disampaikan dalam audiensi kepada Bupati dan Sekda Bangka Barat:

1) Forum DAS Provinsi mendorong terbentuknya forum DAS Kabupaten Bangka Barat. Sebelumnya forum DAS sudah pernah dibentuk namun tidak berjalan efektif. Forum DAS Kabupaten di sahkan oleh Bupati, oleh karenanya Forum DAS Provinsi siap bekerjasama dan memberi masukan kepada Pemda Bangka Barat demi percepatan terbentuknya forum DAS di Kabupaten Bangka Barat. Ketua forum DAS Kabupaten diharapkan dari kalangan akademisi agar lebih netral. Selanjutnya, ketua terpilih menentukan susunan kepengurusan yang mengakomodir pihak-pihak terkait pengelolaan DAS di Kabupaten Bangka Barat (Dinas/Satker/ SKPD; LSM/ Pecinta Lingkungan; POLRI; TNI; Akademisi; dll)

2) Forum DAS Provinsi bersama Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan BPDASHL Baturusa Cerucuk menginisiasi Rancangan Peraturan Daerah tentang Pengelolaan DAS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang pada tanggal 9 September 2017 telah disahkan oleh Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi Peraturan Daerah No 10 Tahun 2016 tentang Pengelolaan DAS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Buku Perda Pengelolaan DAS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah diserahkan dalam kesempatan audiensi ini.

3) Forum DAS Provinsi siap memberikan support berupa pertimbangan, masukan dan saran kepada Pemerintah Daerah khususnya Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Barat.

4) Kabupaten Bangka Barat merupakan kota budaya, kota sejarah dan tingkat partisipasi masyarakat yang tinggi yang perlu didukung oleh pemerintah daerah.

5) Forum DAS, khususnya BPDASHL Baturusa Cerucuk memohon data keberadaan kolong dan rekomendasi lokasi kolong untuk dijadikan demplot/ areal penanaman ex tambang. Diharapkan demplot ini dapat dijadikan pilot project dan menjadi areal percontohan penanganan lahan ex tambang.

6) Terkait banjir Bangka barat yang terakhir terjadi pada Akhir Februari 2017, Forum DAS siap memberikan masukan mengenai penanganan banjir. Untuk pengkajian secara komprehensif, disarankan agar Bupati menyiapkan anggaran untuk kajian banjir dan penanggulangan serta mitigasi bencana di Kabupaten Bangka Barat.

 

Sumber: 
Forum DAS Kepulauan Bangka Belitung
Penulis: 
Slamet Riyanto
Fotografer: 
Yayan Sofyan
Editor: 
Slamet Riyanto
Dokumen: 
AttachmentSize
Laporan Audiensi Bangka Barat.pdf7.59 MB
Tags: 
Forum DAS Babel | Forum DAS Babel