Bakorluh Bertekad Ciptakan SDM Petani Berkualitas

Penyak – Badan Koordinasi Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BKP3K) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berupaya meningkatkan kualitas SDM petani. Berbagai langkah dilakukan Bakorluh untuk menarik minat masyarakat agar bercocok tanam.

"Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan bisa menarik masyarakat yang sebelumnya menambang timah, lalu beralih menjadi pelaku usaha tani," kata Hibson Effendy Sekretaris Bakorluh Babel saat acara temu wicara dengan pelaku tani agribisnis di kebun buah naga, Desa Penyak Kabupaten Bangka Tengah, Selasa (21/4/2015).

Kegiatan tersebut bertujuan menyinkronkan program pemerintah di bidang pertanian perkebunan dan perikanan. Ia menjelaskan, sehingga pemerintah mengetahui apa saja kebutuhkan petani di lapangan. Dijadwalkan temu wicara dilaksanakan di tujuh kabupaten/kota. Untuk di Kabupaten Bangka Tengah, bertempat di Desa Penyak.

“Melalui kegiatan ini pemerintah dapat menjalankan program di bidang pertanian, perkebunan dan perikanan menjadi tepat sasaran. Sebab Bakorluh mengetahui kendala patani dalam bercocok tanam,” harapnya.

Saat berdialog, petani mengharapkan agar pemerintah memberi perhatian lebih, sehingga kehidupan petani lebih baik. Terdapat beberapa aspirasi disampaikan petani antara lain, pemerintah diharapkan mendatangkan investor pembibitan hewan ternak sapi, membantu menaikan harga karet dan membuat kualitas karet membaik.

Selain itu, pemerintah diharapkan bisa membantu memasarkan hasil pertanian. Karena saat ini petani masih mengalami kesulitan untuk memasarkan hasil pertanian atau perkebunan.

Sudarto Ketua Kelompok Tani Harapan Jaya mengharapkan, pemerintah dapat membantu memasarkan hasil pertanian, khususnya buah naga. Selain itu dapat membantu mengolah hasil produksi pertanian menjadi beberapa produk makanan buah. Sehingga petani tidak hanya menjual dalam bentuk buah saja.

"Selaku petani dan ketua kelompok tani Harapan Jaya, kami berharap hasil pertanian bisa diolah menjadi jus dalam kemasan," ungkap petani buah naga ini.

Sumber: 
Diskominfo Babel
Penulis: 
Chandra
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Huzari