Kelompok Tani Hutan dan Penyuluh Kehutanan siap Sukseskan Visit Wisata Babel Melalui Perhutanan Sosial Tahun 2021

Pangkalpinang - Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengadakan Rapat Koordinasi terkait Penguatan Implementasi Perhutanan Sosial dalam Rangka Pengembangan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Hutan Lestari bersama Kelompok Tani Hutan dan Penyuluh Kehutanan. Rapat Koordinasi ini bertujuan mendorong dan memberikan masukan serta pencerahan kepada Kelompok Tani Hutan untuk dapat terus mengembangkan hasil hutan.

Rapat Koordinasi ini berlangsung selama 3 hari, pada tanggal 28 - 29 Oktober 2019. Hari terakhir kegiatan ini mengangkat tema terkait peran aktif Kelompok Tani Hutan dan Penyuluh Kehutanan dalam mensukseskan Visit Wisata Babel Tahun 2021.

"Kelompok Tani Hutan dan Penyuluh Kehutanan mempunyai peranan besar dalam mensukseskan Visit Wisata Babel Tahun 2021 dengan mengembangkan program Ekonomi Kerakyatan Berbasis Hutan Lestari, dengan media leaflet, brosur, poster dan tatap muka sebagai upaya promosi secara offline untuk mengenalkan kepada masyarakat produk - produk yang telah dihasilkan. Dinas KUKM berperan sebagai penggerak ekonomi kerakyatan melalui Program Peningkatan Pembinaan Kelembagaan dan Pengawasan Koperasi, " kata Kadis Koperasi dan UKM Prov Kep Bangka Belitung,  Hj Elfiyena, saat menjadi Narasumber acara tersebut di Hotel Cordela Rabu, 30 Oktober 2019.

Lebih lanjut Ibu Elfiyena mengatakan bahwa Dinas KUKM membantu setidaknya 10 sampai dengan 14 koperasi yang ada di provinsi kepulauan bangka belitung, adapun peran Dinas KUKM pada bidang Koperasi antara lain melakukan pendampingan kemitraan dan permodalan jaringan usaha koperasi.

Hal ini ditanggapi antusias oleh perwakilan Kelompok Tani Hutan yang hadir pada acara tersebut dengan memberikan saran bahwa mengelola kekayaan alam melalui kelompok masyarakat merupakan upaya - upaya tidak nampak dan Sinergitas harus ditingkatkan antara stake holder terkait. 

Sumber: 
Dinas Kehutanan
Penulis: 
Anna Tiffanie
Fotografer: 
Anna Tiffanie (Dinas Kehutanan )
Bidang Informasi: 
DINHUT