MUSYAWARAH NASIONAL (MUNAS) DAN TEMU PETANI GAHARU TANAMAN RAKYAT INDONESIA

Soll Marina Hotel, Pangkalan Baru Bangka Tengah (27/11/2017), Musyawarah Nasional dan Temu Petani Gaharu Tanaman Rakyat Indonesia Pertama diadakan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Bapak Erzaldi Rosman dalam Welcome Speak, beliau menyampaikan “keinginan kita bersama agar Gaharu budidaya mendapat tempat dan keyakinan dunia agar posisi tawar Petani Gaharu budidaya meningkat, selama ini Petani Gaharu budidaya berjalan sendiri-sendiri. Saya sangat konsen dengan Petani Gaharu mulai dari Bupati sampai menjadi Gubernur saat ini, ada keluhan dari Petani bahwa pada waktu panen Gaharu budidaya, sangat susah untuk menjualnya. Dan ada dilema lain yaitu Gaharu budidaya memiliki posisi lebih rendah dibandingkan Gaharu alami. Dengan dilaksanakannya Munas dan Temu Petani Gaharu Tanaman Rakyat Indonesia ini diharapkan akan terbentuk organisasi yang dapat menaungi Petani Gaharu Budidaya sehingga nilai jual Gaharu budaya memiliki tawar yang selayaknya serta menjadi primadona untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sehingga menjadi tanaman rakyat unggulan yang dapat mengurangi tingkat kerusakan lahan dan menjaga kelestarian Gaharu alam.

Kemudian selanjutnya pembukaan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI yang saat itu diwakili oleh Ibu Sabrina, dalam sambutan beliau menyampaikan perlunya hilirisasi produk Gaharu Indonesia sehingga dapat meningkat nilai ekonomi produk Gaharu serta perlunya regulasi, IPTEK, inovasi, digitalisasi dan implementasi dalam mengembangkan Gaharu budidaya sehingga menjadi Gaharu Tanaman Rakyat. Beliau juga menyampaikan bahwa tanaman  Gaharu sudah menjadi komoditi nomor 3 setelah sawit dan karet di Malaysai artinya komoditi Gaharu menjadi nomor satu untuk Sektor Kehutanan, sehingga ini dapat kita jadikan contoh. Dalam akhir sambutannya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kepulauan Bangka Belitung atas inisaisi Munas Gaharu Tanaman Rakyat yang dijadikan momen penting untuk dijadikan sumber ekonomi bagi masyatakat khususnya masyarakat sekita hutan.

Selain acara Muyswarah Nasional juga dilaksanakan Seminar Nasional Gaharu Tanaman Rakyat Indonesia, adapun narasumber Seminar Bapak Dr. Ir. Maman Turjaman, DEA Peniliti dari Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dengan judul “Peran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Dalam Mendukung Budidaya Gaharu” beliau menyampaikan perlunya Ilmu Pengetahuan, Teknologi, lintas disiplin ilmu dan komunitas dari hulu ke hilir dalam untuk meingkatkan kualitas dan daya saing Gaharu Budidaya. Selian itu beliau menekankan kerjasama untuk majukan Gaharu Tanaman Rakyat Indonesia. Narasumber kedua diisi oleh Vice President  Produk Bisnis Logistik PT. POS Indonesia Bapak Riharsono Prastyantoro, S.Si dengan judul “Fasilitasi Sebagai Ekspedisi Sampai Ke Daerah Polosok” PT. POS Indonesia siap mendukung ekspedisi pengiriman produk Gaharu, dengan jaringan yang sampai kepelosok Indonsia dan jumlah kantor pos 4.657, agen pos 47.317 agen pos kurir 3.537. Seiring dengan kemajuan teknologi PT. POS Indonesia telah merevitalisasi jaringan. Narasumber berikutnya  dengan ”Tema Regulasi Penegakan Hukum di Sektor Kehutanan” oleh Bapak Kemal Amas, “Regulasi Peredaran dan Perdagangan Gaharu  Budidaya” oleh Bapak Nunuk Anugrah dan “Regulasi Kemitraan Petani Gaharu Indonesia Melalui Skema Perhutanan Sosial” oleh Bapak Abdurrahman, ketiga narasumber ini berasal dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Pada hari kedua Musyawarah Nasional Petani Gaharu Tanaman Rakyat Indonesia, dibentuk tim formatur yang akan menyusun pengurusan Petani Gaharu Tanaman Rakyat. Berdasarkan hasil kesepakatan bersama tim formatur yang diketuai oleh Bapak Ibnu Saleh nama organisasi yang menaungi Petani Gaharu budidaya yaitu Dewan Pengurus Pusat Petani Gaharu Tanaman Rakyat Indonesia  atau disingkat DPP PEGATRI  dan pengukuhan pengurusan dilakukan pada hari yang sama. Semoga dengan terbentuknya organisasi Petani Gaharu Tanaman Rakyat ini merupakan awal kebangkitan Gaharu Budidaya yang akan memberikan dampak positif terhadap perokonomian, sosial dan lingkungan menuju Indonesia Hebat. Salam Lestari!!!!!

Sumber: 
Dinas Kehutanan Prov.Kep. Babel
Penulis: 
Darmawan
Fotografer: 
Yuniarto; Darmawan
Tags: 
MUNAS PETANI GAHARU TANAMAN RAKYAT; GAHARU; DISHUT BABEL; KEMENLHK

Berita