Penyerahan SK Hutan Adat, SK Hutan Sosial dan SK Tanah Obyek Reforma Agraria, 7 Januari 2021

Sebanyak 30 Kelompok Masyarakat dan Perorangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), mewakili penerimaan Surat Keputusan (SK) izin pengelolaan hutan. SK tersebut, terdiri dari 15 SK Perhutanan Sosial dan 15 SK Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA), yang diserahkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dari Istana Negara di Jakarta melalui virtual, Kamis (7/1/2021). Acara penyerahan SK izin Pengelolaan Hutan di Babel, turut dihadiri perwakilan dari KLHK, Wakil Gubernur (Wagub) Babel Abdul Fatah, Kepala Dinas Kehutanan Babel Marwan, dan unsur terkait lainnya.

Wagub Abdul Fatah usai acara penyerahan mengingatkan kembali pesan Presiden Jokowi agar SK yang diterima jangan dipindahtangankan, tanah diolah menjadi lebih produktif dan bernilai ekonomi tinggi, serta SK yang sudah diserahkan jangan hanya didiamkan saja tidak dikelola. “Oleh karena itu, yang diharapkan Presiden dan diharapkan Gubernur Babel agar masing- masing pihak yang pada hari ini mendapat penyerahan SK hutan baik sosial maupun adat, tanah objek reforma agraria harus membuat dan menyusun rencana rencana pengembangannya,” tegas Wagub di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Babel.

Wagub menyebutkan, di Babel, sudah banyak diserahkan SK hutan sosial, dan ada beberapa kelompok masyarakat yang sudah menunjukan kegiatannya mengelola hutan sosial, seperti HKm Juru Sebrang di Gusung Bugis Belitung dengan pengembangan ekowisatanya, dan akan dikembangkan bidang lainnya. “Kemarin Pemprov Babel sudah mengundang masing – masing Kepala KPHP yang ada di Pulau Bangka maupun Pulau Belitung, maksudnya untuk masing-masing wilayah pengembangan dari Kepala KPH itu menyusun rencana,” terang Wagub. Dikesempatan terpisah, Kepala Bidang Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Pemberdayaan Masyarakat (PDASPM) Dinas Kehutanan Babel Pairus menerangkan, hingga Desember 2020 untuk Babel sudah dikeluarkan 350 SK perhutanan sosial, termasuk yang diserahkan hari ini. Katanya, itu tersebar di 8 KPH, meliputi Bubus Panca di Bangka, Sigambir Kota Waringin di Bangka, Sungai Sembulan di Bangka Tengah, Muntai Palas di Bangka Selatan, Jebu Bembang Antan di Bangka Barat, Rambat Menduyung di Bangka Barat, Belantu Mendanau di Belitung dan Gunung Duren di Belitung Timur.

Sumber: 
Dinas Kehutanan