PESONA LINTAS TIMUR PANGKALPINANG-BANGKA

PESONA WISATA TERSEMBUNYI DI JALAN LINTAS TIMUR PANGKALPINANG-SUNGAI LIAT

Pangkalpinang, Senin 05 Juni 2017,

Lintas Timur adalah akses jalan dari Pangkalpinang ke Sungailiat melintasi wilayah sepanjang pantai timur Pulau Bangka, diawali dari akses jalan Kompleks Perkantoran Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Pangkalpinang sampai wilayah Tanjungpesona di Sungailiat. Bagi yang pertama kali melewati jalan lintas timur harap mengisi bahan bakar full sebab SPBU belum tersedia disana, namun masih ada pejual bahan bakar di kios bensin.

Perjalanpun dimulai, buat saya ini perjalanan yang seru “excited” untuk istilah kekinian, dan sayapun tak henti-hentinya memperhatikan kiri kanan jalan lintas timur tersebut, untuk awal perjalan dari Pangkalpinang menuju Sungailiat melalui Lintas Timur kita akan melewati Jembatan Baturusa 2, jembatan ini menurut saya sangat keren untuk dijadikan lokasi “selfie” untuk kalangan anak muda atau siapapun yang berkunjung untuk pertama kali melewati jalan lintas timur. Dari jembatan ini kita dapat melihat mangrove yang berada dipinggir kiri kanan sungai, mangrove terlihat masih alami belum “dijamah” masih hijau. Air sungainya pun masih bersih dan belum terlihat sampah-sampah, di bawah jembatan ataupun diatas jembatan sering dijadikan lokasi pemancingan oleh “mincing mania” Dari jembatan inipun kita dapat meilhat PLTU Air Anyir, terlihat bangunan dan cerobong PLTU Air Anyit yang kokoh.

Sebelum dan sesudah jembatan Baturusa 2 ini ada pedagang buah dan manisan yang harganya lumayan nyaman dikantong, kisaran harganya Rp.1000 perpotong. Setelah melewati jembatan Baturusa 2 kita akan melewati jalan yang lurus dengan kondisi jalan agak kurang baik, mungkin ini disebabkan oleh aktivitas mobil truck yang melewati jalan tersebut, kondisi tidak baik jalan kira-kira 1 km. Disebelah kiri jalan menuju sungailiat, terdapat Rumah Sakit Provinsi Kepuluan Bangka Belitung “Dr. Ir. H. Soekarno”. Track yang lurus ini akan memacu adrenalin untuk membawa kendaraan lebih kencang, nah harap berhati hati walaupun rumah sakit ada di jalan lintas timur tentunya gak berharapkan masuk rumah sakit ? hehehehe.

Bagi penikmat photographi mungkin jalan lintas timur ini layak dijadikan sebagai salah satu lokasi hunting photo, sebab sepanjang kiri kanan kanan jalan terdapat rumput ilang-ilang sehingga kesan berada di padang savanna dapat dinikmati dan terdapat pohon cemara yang tumbuh alami karena merupakan daerah pantai. Untuk yang hobi olahraga sepeda sangat menyenangkan untuk mengayuh sepeda dengan track lurus dipagi hari selain lalu lalang kendaraan sepi, bonus oksigen yang segar akan kita nikmati. Terdapat juga rawa-rawa yang layak dijadikan lokasi mancing, saya melihat ada beberapa orang yang sedang asik menacing dirawa-rawa tersebut.

Dalam perjalan saya juga melihat ada danau bekas galian tambang timah “Kolong” yang airnya berwarna biru, wah menurut saya kalo di kelola dengan baik bisa dijadikan objek wisata yang menarik. Nah yang tak kalah penting sepanjang jalan lintas timur Pangkalpinang-Sungailiat terdapat beberapa pantai yang eksotik dimulai dari pantai Tamberan, pantai Air Anyir Emas, kemudian pantai Pukan, pantai Rebo dan diakhiri pantai Tikus. Di Pantai Tikus Emas terdapat Pagoda Vihara Puri Tri Agung

Nah bagi para traveler, jika anda berkunjung ke Pulau Bangka dan bepergian ke Sungailiat dari Pangkalpinang, sempatkan untuk mencoba jalan lintas timur Pangkalpinang-Sungaitliat dijadikan lokasi hunting kalian, tapi ingat jaga selalu kebersihan lingkungan, buanglah sampah pada tempat sampah, karena pantai-pantai ini belum dikelola secara baik sehingga fasilitas umum belum tersedia. Yang penting view alami pantai yang disajikan oleh pantai-pantai sepanjang jalan lintas timut merupakan anugerah tak ternilai, mari kita jaga dengan baik untuk keberlanjutannya “Sustainability”.

Salam Lestari !!!

Sumber: 
Dinas Kehutanan
Penulis: 
Darmawan S.Hut., M.I.L.
Fotografer: 
Darmawan S.Hut. | https://www.deliknews.com | www.tripadvisor.co.id
Editor: 
Slamet Riyanto
Tags: 
LINTAS TIMUR BANGKA