RAPAT REKONSILIASI DATA DAN INFORMASI PEMBANGUNAN KEHUTANAN TAHUN 2017 “KESESUIAN, PERSAMAAN DAN KEBENARAN DATA KUNCI PERENCANAAN DALAM PEMBANGUNAN”

Bertempat di Grand Vella Hotel Pangkalanbaru Bangka Tengah dari tanggal 24 Oktober dan berakhir 25 Oktober 2017, Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan Kegiatan Rapat Rekonsiliasi Data dan Informasi Pembangunan Kehutanan Tahun 2017. Kegiatan ini merupakan Kegiatan Rutin setiap tahun yang dilaksanakan oleh Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan hasil akhir adalah menyusun Buku Statistik Kehutanan.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kehutanan, Narasumber, Tamu Undangan dan Peserta Kegiatan Rapat Rekonsiliasi Data dan Informasi Kehutanan Tahun 2017. Berdasarkan Laporan Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Ibu Erwina, SE, Narasumber Kegiatan terdiri dari Pemerintah Pusat dan Daerah yaitu Dr. Suhairi Kepala Pusat Data dan Informasi Kehutanan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Bapak Dr. Andy Yusfani Kepala Bidang Perekonomian dan SDA Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibu Dewi Safitri, S.ST.,M.Si Kepala Bidang Nerwilis Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Bapak Andre Triadmojo, S.Hut.,M.Si.,M.Sc. Pengendali Ekosistem Hutan Muda Balai Pengelolaan Hutan Produksi Wilayah V Palembang Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Adapun peserta kegiatan rapat berjumlah 25 orang yang berasal dari Kepala KPHP/KPLH Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Koordinator Kehutanan Se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, UPTD Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan OPD terkait.

Kegiatan Rapat dibuka oleh Kepala Dinas Kehutanan Bapak Ir. Nazalyus, M.Si, dalam sambutannya beliau menyampaikan “bahwa Kegiatan Rapat Rekonsiliasi Data dan Informasi Pembangunan Kehutanan merupakan kegiatan yang sangat penting untuk perencanaan terutama perencanaan pembangunan kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung” “If You Fail to Planning, Your are Planning To Fail” “Jika Anda gagal merencanakan berarti Anda berencana untuk gagal” yang dikutip beliau dari Benjamin Flaming. Tentunya untuk memperoleh perencanaan yang tepat harus didukung oleh data yang lengkap dan benar. Bapak Ir, Nazalyus juga menjelaskan tentang prinsip dalam pengelolaan data dan informasi yang terdiri dari Collecting (Pengumpulan), Processing (Pengolahan), Descripting (Penjelasan) dan Presenting (Penyajian). Dengan penerapan prinsip pengelolaan data ini diharapkan akan diperoleh Kebenaran, Kesesuaian dan Kesamaan Data Informasi Kehutanan baik di UPTD Kementerian Lingkungan dan Kehutanan dan Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang akan dituang ke dalam Buku Statistik Kehutanan Tahun 2016 . Salam Lestari!!

Sumber: 
Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Penulis: 
Darmawan
Fotografer: 
Darmawan
Tags: 
Rekonsiliasi Data dan Informasi Pembangunan Kehutanan

Berita

22/05/2018 | BPKH Wilayah XIII Pangkalpinang
14/05/2018 | http://kph.menlhk.go.id/
14/05/2018 | http://bangkatimes.com
03/05/2018 | HKm Gempa 01; Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan; Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
02/04/2018 | Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung; KPHP Bubus Panca
16/03/2018 | Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung; Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
25/02/2018 | http://www.rmolbabel.com/read/2018/02/24/6659/Dishut-Babel-Sita-70-Kayu-Maras-Sepanjang-17-Meter-