Rencana Strategis Dinas Kehutanan 2017-2022

Rencana Strategis disusun untuk memenuhi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) sekaligus sebagai dokumen perencanaan dalam kurun waktu 5 (lima) tahunan, digunakan sebagai pedoman penyusunan Rencana Kerja Tahunan Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk 5 (lima) tahun kedepan.

Rencana Strategis Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung disusun memperhatikan Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Kehutanan sebagaimana diatur dalam Peraturan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Kewenangan Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagaimana diatur dalam Peraturan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Nomor 58 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Dan Fungsi, Serta Tata Kerja Dinas Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Penyusunan Rencana Strategis Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berpedoman kepada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan bersifat indikatif. Renstra Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memuat tujuan, strategi dan kebijakan, program dan kegiatan yang dirumuskan dalam rangka mewujudkan pencapaian sasaran program dari Visi dan Misi Gubernur yang ditetapkan dalam RPJMD.

Tujuan merupakan sesuatu yang ingin dicapai dari setiap Perangkat Daerah, yang dirumuskan bersifat spesifik, realistis, dilengkapi dengan sasaran yang terukur dan dapat dicapai dalam periode yang direncanakan. Strategi merupakan langkah-langkah berisikan program-program indikatif, untuk mencapai tujuan. Kebijakan merupakan arah/tindakan yang harus dipedomani Perangkat Daerah, dalam melaksanakan strategi untuk mencapai tujuan Rencana Strategis  Perangkat Daerah.

Program merupakan instrumen kebijakan yang berisi satu atau lebih kegiatan yang dirumuskan, untuk mencapai sasaran dan tujuan sesuai tugas dan fungsi PD dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah. Kegiatan merupakan bagian dari program yang memuat sekumpulan tindakan pengerahan sumberdaya sebagai masukan (input), untuk menghasilkan keluaran (output) dalam bentuk barang/jasa.

Program dapat berupa program PD, program lintas PD, atau program kewilayahan. Program PD merupakan satu atau lebih kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi, yang akan dilaksanakan oleh 1 (satu) PD. Program lintas PD  merupakan satu atau lebih kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi sesuai dengan tugas dan fungsi, dan akan dilaksanakan secara simultan dengan program PD lainnya. Program kewilayahan PD merupakan satu atau lebih kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi, dan akan dilaksanakan secara simultan dengan program PD lainnya, untuk mencapai keberhasilan pencapaian sasaran dan tujuan pembangunan daerah yang ditetapkan pada satu atau beberapa wilayah atau kawasan.

Keterkaitan Renstra PD dengan RPJMD, Renstra K/L dan Renstra provinsi/ kabupaten/kota, dan dengan Renja PD, sebagai berikut :

Keterkaitan Renstra PD dengan RPJMD adalah RPJMD merupakan satu kesatuan yang utuh. RJMD adalah dokumen perencanaan daerah untuk periode 5 (lima) tahun.

RPJMD merupakan satu kesatuan yang utuh dari manajemen pembangunan khususnya dalam menjalankan agenda pembangunan sekaligus menjadi pedoman PD dalam menyusun Rencana Strategis Perangkat Daerah. Sedangkan Rencana Strategis PD merupakan dokumen perencanaan PD  untuk periode 5 (lima) tahun digunakan dalam menyusun Renja PD dan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) PD. RKA-PD  inilah yang selanjutnya disusun menjadi Rancangan Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) setiap tahunnya.

Keterkaitan Renstra PD dengan Renstra K/L dan Kabupaten/ Kota adalah sebagai bahan review Renstra K/L dan Renstra PD  kabupaten/kota, yang mencakup :

  1. tujuan dan sasaran yang akan dicapai dalam jangka waktu pelaksanaan Renstra K/L;
  2. program prioritas K/L dan target kinerja serta lokasi program prioritas;
  3. tujuan dan sasaran yang akan dicapai dalam jangka waktu pelaksanaan Renstra PD kabupaten/kota; dan
  4. program prioritas PD kabupaten/kota dan target kinerja serta lokasi program prioritas.
Tags: 
Renstra Dishut Babel