Visi dan Misi

Setiap sasaran yang ingin dicapai dalam setiap misi yang diemban, perlu diejawantahkan melalui program-program sebagaimana arahan dalam strategi pencapaian sasaran yang telah diuraikan di atas. Selengkapnya, program dan kegiatan sesuai dengan sasaran dan misi yang diemban adalah sebagaimana matriks dalam Renstra ini. Berikut disajikan secara ringkas rangkuman misi, sasaran, program dan kegiatan dimaksud.

Visi dan Misi dibutuhkan dalam penyusunan Rencana Strategis Dinas Kehutanan Provinsi KepulauanBangka Belitung Tahun 2007-2012, dimana visi dan misi tersebut diupayakan seiring sejalan dengan visi dan misi pembangunan kehutanan nasional dan visi Pemerintah Provinsi. Visi dan Misi Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah sebagai  pedoman bagi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk menentukan arah pembangunan kehutanan di daerah dalam kurun waktu 2007-2012.

Visi

Visi merupakan cita-cita jangka panjang yang ingin dicapai. Visi yang ditetapkan dalam Renstra Dinas Kehutanan Provinsi kepulauan Bangka Belitung yaitu :

"Terwujudnya Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai Penyelenggara Kehutanan yang lestari dan berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat"

Visi tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut : Perwujudan kondisi pembangunan kehutanan lingkup Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang mampu melaksanakan tugas-tugas pemantapan, perlindungan dan pembinaan produksi pada kawasan hutan beserta sumberdaya alam yang dikandungnya serta sumberdaya manusia penyelenggara pembangunan kehutanan di daerah, yang profesional dan mampu bersama-sama dengan masyarakat dan parapihak untuk memberikan manfaat baik secara ekonomis maupun ekologis bagi kelestarian hutan dan peningkatan kesejahteraan  masyarakat secara umum. Visi ini dijabarkan lebih lanjut dalam misi-misi, dimana misi-misi tersebut secara umum merupakan tanggungjawab seluruh pihak / stakeholders.

.

Misi

Untuk mencapai visi yang dicitakan, maka visi tersebut perlu dijabarkan dalam misi-misi sebagaimana diuraikan berikut :

  1. Memantapkan keberadaan dan fungsi kawasan hutan
  2. Meningkatkan kapasitas dan kualitas SDM penyelenggaraan kehutanan yang profesional
  3. Mendukung terciptanya perlindungan dan pengamanan hutan
  4. Meningkatkan upaya konservasi hutan dan sumberdaya alam
  5. Meningkatkan upaya rehabilitasi hutan dan lahan
  6. Meningkatkan pemanfaatan sumberdaya hutan yang terfokus pada hutan alam dan hutan tanaman serta penertiban industri dan peredaran hasil hutan
  7. Mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan Hutan Tanaman Rakyat (HTR) dan Hutan Rakyat (HR).