KPHP Gunung Duren Tanam Mangrove Sebagai Wujud Nyata Peduli Lingkungan

KPHP Gunung Duren Tanam Mangrove Sebagai Wujud Nyata Peduli Lingkungan

Manggar - Sebagai salah satu provinsi kepulauan di Indonesia yang dikelilingi banyak pantai, Bangka Belitung merupakan salah satu penyumbang terbesar kawasan hutan mangrove di Indonesia. Hutan mangrove sendiri selain dapat mencegah abrasi juga sebagai tempat hidup dan sumber makanan bagi beberapa jenis satwa

 Luasan hutan mangrove ini dari tahun ke tahunnya  semakin mengalami penurunan karena permasalahan lingkungan. Oleh karenanya, upaya pelestarian hutan mangrove terus di galakkan oleh Dinas Kehutanan provinsi kepulauan Bangka Belitung.

KPHP Gunung Duren bersama masyarakat dan kelompok tani hutan (KTH) Bereheun turut ambil bagian dalam merehabilitasi kawasan hutan mangrove yang bertempat di pantai mudong, desa Padang, jumat 28 Februari 2020.

Kepala KPHP Gunung Duren, Nurdiansyah mengatakan sebanyak 25.000 pohon mangrove yang akan ditanam  pada pesisir pantai mudong. Kegiatan ini akan dilakukan secara bertahap dan gotong royong bersama kelompok tani dan masyarakat setempat.

Selain sebagai salah satu upaya pemerintah dalam melestarikan kawasan hutan mangrove, program ini juga untuk menumbuhkan minat masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan sekitarnya.

"Apa yang kita lakukan hari ini (penanaman mangrove) semoga meninggalkan warisan yang dapat dinikmati oleh generasi dan anak cucu kita nanti," kata Nurdiansyah.

"Diharapkan penanaman mangrove  ini akan memberikan kontribusi yang positif bagi kelangsungan hidup ekosistem yang ada disekitarnya dan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar," tambah Nurdiansyah.

Sementara itu Ketua Kelompok Tani Hutan Bereheun  Fikri  menyambut baik program ini sebagai wahana pemberdayaan pemuda-pemuda desa untuk lebih peduli terhadap lingkungan tempat tinggalnya.

"Kegiatan ini dapat memberikan pemahaman dan edukasi bagi anggota kelompok  untuk menumbuhkan rasa memiliki dan kepedulian yang tinggi terhadap tempat tinggalnya, sehingga setiap anggota kelompok  dapat secara sukarela memberikan sumbangsihnya guna pelestariaan lingkungannya," jelas Fikri

Penanaman mangrove ini juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut berpartisipasi, karena merekalah yang menerima manfaat langsung dari kebereadaan hutan mangrove itu sendiri.

Sumber: 
UPTD KPHP Gunung Duren
Penulis: 
Dessan
Bidang Informasi: 
DINHUT