SEMINAR SEHARI JABATAN FUNGSIONAL TERTENTU

Bangka, Jumat, 26 Mei 2017,

Telah dilaksanakan Kegiatan seminar sehari Jabatan Fungsional Tertentu di Kantor KPHP Sigambir Kotawaringin Kabupaten Bangka. Pelaksanaan seminar ini bertujuan untuk memberikan ruang kepada Jabatan Fungsional Tertentu Rumpun Kehutanan untuk menunjukkan eksistensi dan kerja nyatanya dalam membangun bumi serumpun sebalai.

Seminar Sehari ini dihadiri seluruh pegawai Dinas Kehutanan Wilayah Bangka, seluruh pegawai KPHP Sigambir Kotawaringin dan KPHP Bubus Panca. Pembukaan Seminar oleh Koordinator Dinas Kehutanan Wilayah Bangka Bapak Hendar Sudrajat, S.Hut. Moderator seminar Ibu Parida S.Hut.  Seminar ini juga dihadiri oleh Kepala Bidang Pengelolaan DAS dan Pemberdayaan Masyarakat Ibu Suzanna Kartikasari, SP dan Kepala Seksi Pembinaan Pengelolan DAS Bapak Hasanudin, SH dari Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Seminar dimulai jam 09.00 WIB dibagi dalam 3 sesi, sesi pertama oleh Hendri Utama, SH dengan Judul Upaya Pelestarian Mentilin (Tarsius bancanus) sebagai salah satu satwa langka yang dilindungi dari kepunahan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sesi kedua oleh Parida, S.Hut dengan judul Konservasi Tukik Babel di Sungailiat dan sesi ketiga oleh Darmawan, S.Hut dengan Judul Aplikasi Ekologi Lanskap dengan Pendekatan Manajemen Adaptif dalam Perencaan Lanskap Peredesaan.

Hasil seminar menunjukkan bahwa perlunya upaya penyelamatan penyu/tukik dan mentilin yang merupakan aset Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Upaya tersebut dapat berupa tindakan preventif dan penangkaran sehingga dapat menjamin keberlanjutan satwa liar khas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dari ancaman kepunahan.

Untuk aplikasi ekologi lanskap sangat dibutuhkan untuk penyelamatan lanskap perdesaan dari serbuan pembangunan yang tidak ramah lingkungan. Pembangunan dengan menggunakan ekologi lanskap akan melindungi kualitas lingkungan, menjaga akar budaya yang merupakan nilai kekayaan tak ternilai bagi generasi yang akan datang dan akan meningkatkan nilai ekonomi bagi masyarakat desa dengan menjadikan lanskap perdesaan sebagai ekowosita, desa berbasis lingkungan, wisata alam dan sebagainya.

Salam Lestari!!

Sumber: 
Dinas Kehutanan
Penulis: 
Darmawan S.Hut., M.I.L.
Editor: 
Slamet Riyanto
Tags: 
Seminar